LET'S SING A SONG
LET'S SING A SONG
(MENGGUNAKAN LAGU “ I HAVE A DREAM’’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN)
(MENGGUNAKAN LAGU “ I HAVE A DREAM’’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN)
PENDAHULUAN
Hallo, Good morning ! How are you all ? apa kabar semuanya ? tentunya kabar baik, bukan ???!!!
Kali ini saya akan mengajarkan nyanyian atau lagu (song) sebagai media pembelajaran di kelas.
TUJUAN
Tujuan Penggunaan Lagu sebagai media pembelajaran adalah untuk mengantarkan para siswa pada tingkat dimana mereka bisa memahami pesan dalam lagu dan menceritakannya kembali menggunakan kata-kata mereka sendiri
Dalam silabus bahasa Inggris SMP kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 terdapat Kompetensi Dasar yang khusus berkaitan dengan materi kompetensi lagu diantaranya adalah :
3.8 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs)
Ada banyak lagu dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan bahan untuk belajar bahasa Inggris, seperti : Que seera, Mother how are you today, I have a dream, dan banyak lagi.
Untuk pembelajaran kali ini saya memilih lagu “ I have a dream “ yang dinyanyikan oleh “Westlife”
Untuk mengajarkan lagu “ I have a dream “ ini ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru, diantaranya : 1. Terjemahan, 2. Teks dengan rumpang, 3. Pertanyaan pengarah, 4. Pernyataan benar salah, 5. Menemukan dan Membetulkan Kesalahan, 6. Jigsaw Listening, 7. Teks yang Menghilang, 8. Memperluas Kosa kata, dan 9.Gabungan Beberapa Cara.
BAHAN AJAR / MATERI
1. Lyrik lagu :
I have a dream, a song to sing
To help me cope with anything
If you see the wonder of a fairy tale
You can take the future even if you fail
I believe in angels
Something good in everything I see
I believe in angels
When I know the time is right for me
I'll cross the stream - I have a dream
I have a dream, a fantasy
To help me through reality
And my destination makes it worth the while
Pushing through the darkness still another mile
I believe in angels
Something good in everything I see
I believe in angels
When I know the time is right for me
I'll cross the stream - I have a dream
I'll cross the stream - I have a dream
I hae a dream, a song to sing
To help me cope with anything
If you see the wonder of a fairy tale
You can take the future even if you fail
I believe in angels
Something good in everything I see
I believe in angels
When I know the time is right for me
I'll cross the stream - I have a dream
I'll cross the stream - I have a dream
To help me cope with anything
If you see the wonder of a fairy tale
You can take the future even if you fail
I believe in angels
Something good in everything I see
I believe in angels
When I know the time is right for me
I'll cross the stream - I have a dream
I have a dream, a fantasy
To help me through reality
And my destination makes it worth the while
Pushing through the darkness still another mile
I believe in angels
Something good in everything I see
I believe in angels
When I know the time is right for me
I'll cross the stream - I have a dream
I'll cross the stream - I have a dream
I hae a dream, a song to sing
To help me cope with anything
If you see the wonder of a fairy tale
You can take the future even if you fail
I believe in angels
Something good in everything I see
I believe in angels
When I know the time is right for me
I'll cross the stream - I have a dream
I'll cross the stream - I have a dream
2. Video Clip
Berikut ini video clip yang bisa dipelajari siswa
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1-2
Pertemuan 1-2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Guru memberi salam (greeting).
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
d. Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan.
e. Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f. Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Mengamati
1. Siswa mengamati lirik lagu “ I have a dream” yang terdapat di buku paket siswa
2. Siswa membaca dan berusaha memahami isi pesan lagu dengan menguasai unsur kebahasaan di dalamnya.
.
b. Menanya
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan makna kata yang tidak difahaminya dan unsur kebahasaan yang digunakan.
c. Mengumpulkan Informasi
1. Siswa menirukan membaca nyaring dan menyanyikan lagu tsb.
2. Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri isi pesan dan unsur kebahasaan lagu tsb.
3. Siswa menuliskan pendapat dan perasaannya tentang isi lagu tsb.
d. Mengasosiasi
1. Siswa membandingkan isi pesan dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam lagu “ I have adream” dengan lagu-lagu lain yang mereka ketahui
2. Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang pendapat dan perasaanya tentang lagu-lagu tersebut.
e. Mengkomunikasikan
1. Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “ I have adream” didalam kelas.
2. Siswa berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3. Penutup (10 menit)
a. Guru beserta siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
b. Guru memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
e. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
AKTIFITAS SISWA MENULISKAN KATA DALAM LAGU
Komentar
Posting Komentar