Langsung ke konten utama

LET'S SING A SONG (B.ING)

LET'S SING A SONG
LET'S SING A SONG

(MENGGUNAKAN LAGU “ I HAVE A DREAM’’ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN)


PENDAHULUAN
Hallo, Good morning ! How are you all ? apa kabar semuanya ? tentunya kabar baik, bukan ???!!!
Kali ini saya akan mengajarkan nyanyian atau lagu (song) sebagai media pembelajaran di kelas.


TUJUAN
Tujuan Penggunaan Lagu sebagai media pembelajaran adalah untuk mengantarkan para siswa pada tingkat dimana mereka bisa memahami pesan dalam lagu dan menceritakannya kembali menggunakan kata-kata mereka sendiri
Dalam silabus bahasa Inggris SMP kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 terdapat Kompetensi Dasar yang khusus berkaitan dengan  materi kompetensi  lagu diantaranya adalah :

3.8 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait  kehidupan remaja SMP/MTs
4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs)


Ada banyak lagu dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan bahan untuk belajar bahasa Inggris, seperti : Que seera, Mother how are you today, I have  a dream, dan banyak lagi.

Untuk pembelajaran kali ini saya memilih lagu “ I have a dream “ yang dinyanyikan oleh “Westlife”

Untuk mengajarkan lagu “ I have a dream “ ini ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru, diantaranya : 1. Terjemahan, 2. Teks dengan rumpang, 3. Pertanyaan pengarah, 4. Pernyataan benar salah, 5. Menemukan dan Membetulkan Kesalahan, 6. Jigsaw Listening, 7. Teks yang Menghilang, 8. Memperluas Kosa kata, dan 9.Gabungan Beberapa Cara.

BAHAN AJAR / MATERI

1. Lyrik lagu  :


I have a dream, a song to sing 
To help me cope with anything 
If you see the wonder of a fairy tale 
You can take the future even if you fail 
I believe in angels 
Something good in everything I see 
I believe in angels 
When I know the time is right for me 
I'll cross the stream - I have a dream 

I have a dream, a fantasy 
To help me through reality 
And my destination makes it worth the while 
Pushing through the darkness still another mile 
I believe in angels 
Something good in everything I see 
I believe in angels 
When I know the time is right for me 
I'll cross the stream - I have a dream 
I'll cross the stream - I have a dream 

I hae a dream, a song to sing 
To help me cope with anything 
If you see the wonder of a fairy tale 
You can take the future even if you fail 
I believe in angels 
Something good in everything I see 
I believe in angels 
When I know the time is right for me 
I'll cross the stream - I have a dream 
I'll cross the stream - I have a dream

2. Video Clip
Berikut ini video clip yang bisa dipelajari  siswa
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1-2
1.   Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam (greeting).
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan. 
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
2.   Kegiatan Inti (60 menit)
a.      Mengamati
1.    Siswa mengamati lirik lagu “ I have a dream” yang terdapat di buku paket siswa
2.    Siswa membaca dan berusaha memahami isi pesan lagu dengan menguasai unsur kebahasaan di dalamnya.
.
b.   Menanya
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan makna kata  yang tidak difahaminya dan unsur kebahasaan yang digunakan.
c.    Mengumpulkan Informasi
1.    Siswa menirukan membaca nyaring dan menyanyikan lagu tsb.
2.    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri isi pesan dan unsur kebahasaan lagu tsb.
3.    Siswa menuliskan pendapat dan perasaannya tentang isi lagu tsb.
d.   Mengasosiasi
1.    Siswa membandingkan isi pesan dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam lagu “ I have adream”  dengan lagu-lagu lain yang mereka ketahui
2.    Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang pendapat dan perasaanya tentang lagu-lagu tersebut.
e.    Mengkomunikasikan
1.    Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “ I have adream”  didalam kelas.
2.    Siswa berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3.   Penutup (10 menit)
a.    Guru beserta siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.    Guru memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.   Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
e.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
AKTIFITAS SISWA MENULISKAN KATA DALAM LAGU
Gbr. 1
Gbr. 2
Gbr. 3
Gbr. 4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA(PPKN)

KEBERAGAMAN MASYARAKAT INDONESIA 1.      Keberagaman Suku Bangsa. Menurut Koentjaraningrat, suku bangsa berarti sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terkait oleh kesadaran dan identitas tersebut. Suku bangsa sering disebut Etnik. Kesadaran dan identitas biasanya dikutkan oleh kesatuan bahasa. Jadi, suku bangsa merupakan gabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial karena mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal-usul dan tempat serta asal kebudayaan. Ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya, antara lain bahasa daaerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah, dan tempat asal. Keberagaman bangsa Indonesia diakibatkan oleh jumlah suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, tahun 2010 di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Antar suku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman

PRASEJARAH(IPS)

Prasejarah Prasejarah  atau  nirleka  ( nir : tidak ada,  leka : tulisan) secara harfiah berarti "sebelum sejarah", dari bahasa  Latin  untuk "sebelum,"  præ , dan  historia . Prasejarah manusia adalah masa di mana perilaku dan anatomi manusia pertama kali muncul, sampai adanya  catatan sejarah  yang kemudian diikuti dengan penemuan  aksara . Berakhirnya zaman prasejarah atau dimulainya zaman sejarah untuk setiap bangsa di dunia tidak sama tergantung dari peradaban bangsa tersebut. Sumeria di Mesopotamia dan Mesir kuno, merupakan peradaban pertama yang mengenal tulisan, dan selalu diingat sebagai catatan sejarah; hal ini sudah terjadi selama awal Zaman Perunggu. Sebagian besar peradaban lainnya mencapai akhir prasejarah selama Zaman Besi. Zaman prasejarah di Indonesia sendiri diperkirakan berakhir pada masa berdirinya  Kerajaan Kutai , sekitar abad ke-5; dibuktikan dengan adanya  prasasti  yang berbentuk yupa yang ditemukan di tepi  Sungai Mahakam ,  Kalimant

PANTUN(B.INDO)

   Pantun    Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Pantun P antun  merupakan salah satu jenis puisi lama yang masih terkenal sampai sekarang. Teman-teman pun pasti setidaknya pernah mendengar pantun tidak hanya di dalam pelajaran bahasa Indonesia, melainkan juga di acara-acara hiburan adat sampai program hiburan komedi di stasiun televisi. Karena berbagai hal ini pulalah, tidak ada alasan untuk enggan untuk mempelajari pantun dan jenis-jenisnya. Lihat juga materi StudioBelajar.com lainnya: Unsur Intrinsik Puisi Jenis jenis Majas Selain bisa menambah pengetahuanmu dan meningkatkan kemampuan dalam pelajaran, memahami pantun dan jenis-jenisnya dapat membuat kamu semakin kreatif ketika berinteraksi dengan orang lain dan mau memberi hiburan atapun nasihat kepada sahabat-sahabatmu. Pengertian Pantun Hemat kata, pantun adalah  jenis puisi lama  yang tiap baitnya terdiri atas empak baris serta memiliki sampiran dan isi. Sebelum mengenal apa saja jenis dari pantun, ada baiknya tema